Selasa, 23 Februari 2016

Tips memilih case fan PC

Menjaga komputer tetap dingin adalah hal wajib bagi PC-user. Dewasa ini banyak metode cooling/pendinginan pada PC. Air cooling, built-in water cooling, sampe custom water cooling tercipta untuk mendinginkan PC. Kali ini tekhno tips akan membahas apa saja yang perlu diperhatikan ketika memilih case fan. Check this out!

1. Compatibility

Sebelum memilih fan apapun, pastikan ukuran yang disupport oleh casing anda. Contoh pada coolermaster k350. 


Disebutkan ukuran fan apa saja yang bisa muat di casing k350 tersebut. Jangan sampai ketika anda sudah membeli fan yang premium, ternyata tidak muat di casing.

2. CFM

CFM (cubic foot per minute) adalah satuan untuk menghitung banyaknya udara/angin yang dihembuskan oleh sebuah fan. Semakin tinggi spesifikasi cfm, berarti semakin banyak pula udara yang dihembuskan.
 
Delta Mega Fast. Fan 120 mm dengan CFM hingga 252

3. RPM

Berapa kali fan dapat berputar dalam 1 menit dihitung dalam satuan RPM. Setiap fan dengan diameter yang berbeda, untuk menghasilkan CFM tertentu, tentu akan memiliki RPM yang berbeda. Fan 60mm dengan fam 120mm untuk mendinginkan heatsink akan mempunyai RPM yang berbeda.

4. dBA

Benda-benda yang berputar dengan cepat menghasilkan suara. Tingkat kebisingan ini bisa diukur dengan dBA. dBA ini dipengaruhi oleh CFM dan RPM masing-masing fan. Fan akan sangat berisik apabila menghasilkan CFM yang tinggi dengan RPM yang tinggi pula. Banyak stok hsf dari CPU mempunyai tingkat dBA sangat tinggi. Apalagi CPU yang datang dari budget-oriented seperti ini http://bit.ly/1SQcd7D.


Memilih case fan mudah. Tapi setiap produk fan tidak semua sempurna. Apabila ingin mendapatkan suhu yang rendah, tingkat kebisingan pasti akan bertambah. Apabila ingin hasil sempurna dengan build yang tidak berisik, beralihlah ke watercooling.
Masih bingung tentang basic memilih fan? feel free to comment/ask
Thank you.

1 komentar:

  1. Ada rekomendasi gak, saya lagi cari kipas casing tapi yang PWM. Harga dibawah 150 ribu.

    BalasHapus