Kamis, 25 Februari 2016

Tips Rakit Komputer (2)

Tips merakit PC balik lagi. Setelah sebelumnya tekhnotips memberikan tips tentang menghindari aliran listrik statis http://j.gs/12764307/tipsmerakitkomputer, kali ini tekhnotips akan memberikan tips selanjutnya ketika rakit PC/. apa itu? check this out!

Orientasi Fan

Di dalam casing sebuah PC, diibaratkan seperti gurun pasir. sangat panas. Panas ini dapat berakibat fatal bagi hardware, baik CPU, GPU, RAM, HDD, SSD dan yang lainnya. Karena itulah dibutuhkan sistem pendinginan yang baik untuk membuat hardware awet. Bagaimana pendinginan yang baik dengan menggunakan air cooling system? Dengan mengatur fan sebagai intake dan exhaust. Kebanyakan fan mempunyai logo brand mereka di tengah bladenya. Arah angin yang berhembus biasanya ke arah dimana logo tersebut berada. Kombinasi intake dan exhaust akan efektif dengan mengatur airflow atau arah aliran udara.

Tipe Airflow

1. Negative Airflow

Negative airflow secara umum berarti memaksimalkan fan sebagai exhaust. Dengan kata sederhana CFM exhaust> CFM intake. apa itu CFM? bisa dilihat disini http://j.gs/12764307/cfm-fan


Udara yang diambil oleh fan intake lebih kecil ketimbang yang harus dibuang oleh fan exhaust. Udara panas yang ditimbulkan oleh hardware bisa langsung dibuang oleh fan. Namun karena fan exhaust ini membuang udara, maka asupan udara yang diinginkan sangat banyak dan tidak dapat terpenuhi oleh fan intake. Alhasil udara masuk lewat semua celah yang ada di casing. Ini berimbas pada masuknya debu melalui celah yang tidak diberi dust filter. Namun dengan suhu dingin yang ditawarkan, sangat cocok untuk overclocker.

Cocok untuk :
Ruangan tanpa AC (kos, dll). Sebab udara panas segera keluar dari PC dengan catatan rutin membersihkan PC dari debu

2. Positive Airflow

Berbeda dengan Negative airflow, positive airflow adalah memaksimalkan fan sebagai intake.

Dengan udara yang diambil lebih tinggi, maka tekanan udara di dalam casing menjadi besar dan akhirnya menghalangi debu untuk masuk lewat celah-celah kecil. Namun sama saja ketika anda tidak memberi dust filter untuk fan intake. Debu malah akan masuk dari fan intake tersebut. Cara ini juga cocok untuk mendinginkan part lain seperti GPU. Dengan sistem ini, udara panas akan segera keluar karena terus disuplay oleh udara baru.

Cocok untuk:
Ruangan ber-AC karena sirkulasi udara yang baik dan udaranya sedikit debu.

Lalu apa yang cocok untuk komputer anda? Anda sendiri yang menentukan.
Cheers :)

0 komentar:

Posting Komentar