Jumat, 26 Februari 2016

Tips Rakit Komputer (3)

Pengaplikasian Thermal Paste / Thermal Pasta


Thermal paste atau pasta thermal adalah  semacam lem untuk menempelkan dua objek. Kelebihan thermal paste ketimbang lem biasa adalah kemampuannya untuk menyalurkan panas (konduktor) dari 1 objek ke objek yang lain. Dalam penggunaannya thermal paste biasanya digunakan oleh CPU ataupun GPU untuk menyalurkan panasnya ke sebuah heatsink. Penggunaan thermal paste ini untuk menutupi celah sekecil apapun antara heatsink dengan CPU/GPU yang dilewati udara yang notabene adalah konduktor yang buruk.

Tipe thermal paste


1. Thermal paste berbahan logam

  • Konduktor yang sangat bagus
  • Kelemahannya, merupakan konduktor listrik juga

2. Thermal paste berbahan keramik


  • Tidak terlampau jauh kemampuannya dibandingkan yang berbahan logam
  • Bukan konduktor listrik

3. Thermal paste berbahan silikon

  • Not recommended
  • Bawaan cooling fan

Memilih Thermal Paste yang baik

Lupakan Thermal paste bawaan heatsink kalau anda punya budget yang berlebih. Fokus ke Thermal paste berbahan logam ataupun keramik. Memang logam merupakan konduktor panas yang baik. tidak dapat terpungkiri. Namun bagaimana bila diaplikasikan pada GPU yang penuh dengan komponen elektric yang sensitiv terhadap arus listrik? di sinilah si keramik menunjukkan tajinya.

Thermal paste berbahan keramik

Kecuali anda yakin dalam mengoleskan thermal paste berbahan logam dengan benar, gunakanlah thermal paste dengan bahan keramik. Singkatnya, gunakan thermal paste berbahan keramik untuk GPU karena banyak sirkuit yang sensitif. Gunakan Thermal paste berbahan logam pada CPU yang notabene sudah dilengkapi IHS (integrated heat spreader)

Cara mengoleskan thermal paste yang benar


Pengolesan thermal paste hanya perlu diberikan sebesar biji beras pada sebuah cpu atau gpu. Tidak perlu banyak-banyak. Karena nantinya setelah heatsink diletakkan, thermal paste akan merata dengan sendirinya

Rekomendasi Thermal Paste

Ada 2 jenis rekomendasi, yang pertama thermal paste yang bagus, yang kedua budget-oriented thermal paste.

  1. Arctic Silver 5 untuk thermal paste yang bagus
  2. Deepcool Z5 untuk thermal paste yang murah
Sekian apa yang tekhnotips dapat berikan. Jangan lupa subscribe untuk konten-konten yang terbaru tentang PC selanjutnya.

Like fan page tekhnotips https://www.facebook.com/tekhnotips/

1 komentar: