Minggu, 22 Mei 2016

Logitech G402 Hyperion Fury - Mouse dengan presisi dan akurasi tinggi

Apa gunanya membangun sebuah PC Gaming high-end tanpa menggunakan peripheral yang baik. Kelangsungan bermain game pasti akan terasa tidak seru, tidak menarik, bahkan mengalami losing streak berkali-kali. Sebuah peripheral yang wajib dimiliki gamers adalah mouse. Banyak genre game yang sangat mengandalkan mouse. FPS, Moba dan MMO adalah sekian dari banyaknya genre game yang membutuhkan mouse agar dapat optimal. Produsen peripheral gaming bersaing untuk memanfaatkan pasar ini. Kenyamanan dan performa menjadi harga mati untuk sebuah mouse. Inilah yang coba Logitech padukan pada mouse gamingnya yaitu G402 Hyperion Fury!

Spesifikasi

Diambil dari situs web Logitech Indonesia

Unboxing

Kemasan yang diusung oleh Logitech sangat simpel dan sangat merepresentasikan kekuatan utama dari G402. Sebuah mouse meluncur dengan kecepatan tinggi. Di sisi lainnya Logitech menampilkan fitur-fitur dari mouse ini seperti 8 programmable button dan delta zero technology.
Di dalam kemasan terdapat bintang utama dari tema kali ini. G402 Hyperion Fury yang sekilas tampak elegan dengan warna hitam minimalis dengan logo G. Tidak banyak desain yang macam-macam sehingga menghasilkan kesan simpel. Kabel mouse ini juga termasuk panjang. sekitar 1,5 meter. Seperti mouse pada umumnya, terdapat tombol klik kanan dan klik kiri, dan juga scroll wheel yang bisa ditekan. 
Mouse ini tidak untuk left-handed gamer. Terlihat dari tombol tambahan yang semuanya di sebelah kiri. 2 tombol tambahan untuk ibu jari di sebelah atas. 1 tombol untuk ibu jari di bawah. Dan tambahan 2 tombol lagi untuk telunjuk. Sayang sekali tidak ada tombol khusus untuk mengatur DPI. Juga tidak terdapat pemberat dan scroll wheel kanan kiri seperti G502. Namun banyaknya tombol tambahan ini sangat membantu gamer untuk memainkan gamenya mengingat tombol-tombol ini dapat diatur fungsinya sesuai kebutuhan.
Beralih ke desain, mouse ini sangat tidak direkomendasikan untuk mereka yang kidal. Semua tombol tambahan yang berada di sebelah kiri dan ergonomi yang seperti itu tidak cocok untuk pemakai tangan kiri. Material yang ditawarkan mouse ini terbilang cukup baik. Di area ibu jari material yang digunakan berbeda dengan daerah yang lain. Ini untuk menciptakan grip yang kuat dengan dibarengi grip di sisi kanan
Untuk urusan grip, semua jenis grip akan nyaman. Palm, claw maupun fingertip akan nyaman dengan mouse ini
Selain mouse, terdapat pula dokumen user lainnya seperti manual dan kartu garansi
Tidak hanya sampai disitu, kemampuan dari G402. Berikut adalah fitur yang ditawarkan :
  • Tracking berkecepatan tinggi dengan Fusion Engine
  • 8 Tombol yang dapat diprogram
  • Peralihan DPI aktual
  • Prosesor ARM 32-bit
  • Report rate 1 ms
  • Desain lebih nyaman
  • Klik berkecepatan tinggi

First Impression

Logitech G402 Hyperion Fury dikhususkan oleh Logitech untuk merajai game bergenre FPS. Platform game yang digunakan untuk menguji mouse ini di genre FPS adalah game Heroes and Generals. Performa yang fantastis dirasakan TechnoTips. Respon mouse untuk game yang membutuhkan DPI besar seperti FPS sangat cepat mengingat report rate yang tinggi. Ketika bermain di mode sniper pun akan sangat terbantu dengan tombol DPI Shift. Ini berguna untuk mengurangi sensitifitas mouse dalam sekejap dan dapat dikembalikan lagi.
Tidak hanya pada FPS, mouse ini juga diuji untuk game MOBA yaitu Dota2. Untuk durabilitas belum dapat diuji mengingat waktu yang dibutuhkan sangat lama. Namun untuk kenyamanan klik yang sangat dibutuhkan game MOBA, mouse ini dapat menyediakannya. 
Di platform game selanjutnya adalah pada game point blank. Mode shotgun pada game ini terkenal dengan quick change weapon atau QQ. Sayang sekali makro yang dihadirkan mouse ini tidak dapat menembus point blank. Namun terlepas dari itu, mouse ini sangat responsif. Sangat membantu bagi user untuk merespon gerakan tangan.
Terlepas dari game, beralih ke graphic design. Dengan menggunakan adobe illustrator, mouse ini melibas software dengan mudah. Tombol DPI shift yang amat membantu untuk kebutuhan DPI rendah.

Kesimpulan

Dengan harga yang Rp 500.000 per Mei 2016, mouse logitech G402 menghadirkan sensor dengan respon yang istimewa. Dipersenjatai dengan tombol tambahan yang banyak yang dapat diprogram dengan software bawaannya. Logitech Hyperion Fury adalah Best Bang for the buck di segmen gaming mouse

0 komentar:

Posting Komentar