Minggu, 20 Maret 2016

Posisi power supply pada casing mempengaruhi keawetan? Semua tergantung sudut pandang

Berbagai casing PC telah diproduksi oleh manufaktur casing. Ketika kita menengok di era dulu, casing menempatkan PSU di bagian atas atau langit-langit casing. Namun sekarang telah banyak juga casing yang menempatkan PSU nya di bawah casing. Apa pengaruhnya? Apa efeknya? Manakah yang lebih baik?

1. Posisi PSU di bagian atas casing

PSU berada di bagian atas casing bisa difungsikan sebagai exhaust. "Hot air rises" atau udara panas selalu naik bisa dijadikan acuan. Dengan ini tidak dibutuhkan fan tambahan untuk exhaust. Namun konsekuensinya udara panas yang diambil oleh fan PSU menyebabkan suhu PSU naik drastis. Bagi sebagian orang beranggapan bahwa bukan masalah serius apabila PSU panas karena pada dasarnya power supply adalah hotbox. Bagi  sebagian yang lain, dengan suhu tinggi, effisiensi PSU akan terpengaruh.

2. Posisi PSU di bagian bawah casing

Keuntungan dari sistem ini adalah fleksibilitas power supply sebagai intake ataupun exhaust. Menggunakan power supply sebagai intake mempunyai keunggulan tersendiri sebab PSU dapat didinginkan oleh udara luar yang dingin.

Lalu manakah yang lebih bagus? Apabila menggunakan power supply high-end yang menjadikan panas bukan suatu masalah, maka posisi di bagian atas casing bukan masalah sebab akan membuat posisi motherboard lebih turun dan membuatnya lebih dingin karena sejajar dengan fan intake. Apabila power supply yang digunakan biasa saja, sebaiknya menggunakan casing dengan PSU mount di bawah untuk membuat power supply awet dan tahan lama.

4 komentar:

  1. Mau bertanya saya punya casing dengan posisi psu di atas cuman, di atas tempat posisi psu tersebut ada lubang ventilasi untuk dipasang kipas, saya pake psu keluaran sekarang yang mana psu tersebut menempatkan kipas psunya di atas/belakangnya bukan dipinggir, nah kalau saya pasang psunya dengan posisi kipas psunya di atas apakah tidak akan bsrpengaruh apa-apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau psu diatas kipas nya ngadep keatas,, ati2 ketetesan aer dari atas

      Hapus
  2. Klo casing bawaan PSU diatas..sdgkn casing skg PSU rata2 dbwh dg kipas mghadap keatas..gmn cara psg PSU kekinian kipas mghdap ke atas di cading lama?

    BalasHapus