Rabu, 09 Maret 2016

VGA AMD murah dengan performa maksimal

Beberapa saat yang lalu TekhnoTips memilih top three VGA untuk budget builder dari kubu hijau a.k.a. NVIDIA. Terpilihlah tiga kartu grafis dengan tipe GTX 750 dan GTX 750Ti yang menggunakan arsitektur terbaru NVIDIA. Sangat irit daya dan tetap mengeluarkan performa jempolan. Selain itu terdapat pula GTX 950 yang diluncurkan untuk gamer-gamer MOBA.
Untuk saat ini TekhnoTips akan menyajikan top three best price to performance dari kubu AMD. Kesan pertama mendengar kartu grafis dari kubu merah adalah boros daya. Pengeluaran untuk membayar tagihan listrik akan membengkak. Tidak hanya itu, karena konsumsi daya yang besar dibutuhkan pula power supply dengan power yang besar pula. Power supply yang besar dayanya berarti menambah biaya. Tapi tunggu dulu, dengan VGA yang akan disajikan TekhnoTips, para PC builder akan segera menarik perkataan mereka. Dengan VGA ini, konsumsi daya yang besar akan dibarengi performa yang oke, serta memangkas ongkos untuk membeli VGA itu sendiri

1. Radeon R9 270

VGA yang satu ini berharga di kisaran 2 juta rupiah per tanggal artikerl ini dibuat, Cukup aman dari segi harga untuk sebuah VGA yang powerful. Arsitektur R9 270 menggunakan arsitektur 28nm. Dan sudah support DirectX 12. Support Mantle, OpenGL 4.3,dan openCL. VGA ini bisa dipasang di slot PCI-e Motherboard maksimal versi 3. Powertune Technology AMD juga sudah masuk ke VGA ini. dengan aplikasi ini, clock speed dari GPU dapat menyesuaikan perbedaan P-states. Untuk yang ingin bermain game di resolusi 4K, VGA ini bisa diandalkan. Buat yang ingin main di multi monitor setup, R9 270 support sampai 6 display. Seperti di intro tadi, untuk mengoperasikan VGA ini, dibutuhkan power tambahan dari Power Suplly dengan 1x6-pin PCI-e power connector. Urusan performa jangan ditanya. Untuk harga 2 juta rupiah, VGA ini setingkat di bawah GTX 960 dengan harga di atas 3 juta. 

2. Radeon R7 360


Kartu grafis termurah dari seri 300 dari AMD. VGA ini dibanderol dengan harga di kisaran 1,5 juta rupiah per tanggal artikerl ini dibuat. VGA ini cocok untuk gamer yang sedang mencari VGA murah tetapi bisa bermain di resolusi 1080p. Kalo dibandingkan dengan pesaingnya di sisi hijau, GTX 750 bisa dilewati dengan mudah. Desain VGA yang mungil juga membuat VGA ini bisa dipasang di jenis casing apapun. Namun kelemahan dari R7 360 adalah konsumsi daya yang besar. Butuh 1 konektor PCI-e dari power supply agar dapat berjalan normal.

3. Radeon R7 250

Radeon R7 250 adalah VGA dengan range harga kelas bawah. Diluncurkan tahun 2013, VGA ini sudah support DirectX 12.0. Didukung arsitektur Oland, membuat R7 250 Mempunyai PCB yang kecil sehingga bisa muat di casing jenis apa saja. Versi reference dari R7 250 mempunyai memori 1024 MB GDDR5. VGA ini berjalan dengan clock speed 1000 MHz yang dapat meluncur hingga 1050 MHz. Harga R7 250 berkisar di range 1 juta rupiah. Cocok buat para gamers low budget.

Itulah top three dari GPU dari sisi merah alias AMD. Memang semua yang disebutkan di atas membutuhkan setidaknya tambahan konektor daya dari power supply yang artinya boros konsumsi listrik. Namun dengan harga yang murah, setidaknya dapat mengurangi beban materi yang dikeluarkan. So apa pilihanmu? dari kubu hijau? atau kubu merah? it's all up to you. 

0 komentar:

Posting Komentar