Selasa, 08 Maret 2016

Nyaman di Telinga. Unboxing dan first impression Corsair AF120 Quiet Edition

Corsair adalah brand yang telah malang melintang di dunia komponen komputer. Banyak produk yang telah dibuatnya. Dari memory, power supply, keyboard dan pheriperal lainnya, casing seperti Corsair 750D, dan termasuk juga cooling device. Berbicara tentang cooling device dari corsair, tidak terlepas dari fan. Hydro series yang sangat terkenal dengan kemampuan coolingnya juga membawa fan. Tetapi fan itu hanya berfungsi untuk membuat hydro series itu bekerja. Tidak ada aspek kebisingan yang dipertimbangkan. Ini menyebabkan banyak user langsung beralih ke fan lain ketika ingin memasang corsair hydro series. Tentu saja selain terpasang di radiator, fan juga diharapkan bisa digunakan sebagai intake dan exhaust. Faktor airflow juga dipertimbangkan.

Corsair AF120 Blue LED quiet edition - TekhnoTips
Corsair memunculkan produknya di ranah kipas. Tersedia 2 seri dari fan corsair yaitu versi Airflow atau disingkat AF, dan versi static pressure yang disingkat SP. TekhnoTips berkesempatan mereview corsair AF120 Quiet edition setelah beberapa waktu yang lalu sampai di tangan TekhnoTips. Dengan harga 300 ribuan untuk 2 buah fan, lebih menguntungkan ketimbang hanya membeli 1 pack.

Spesifikasi

Galeri


Kemasan dari corsair AF 120 ini cukup untuk menampung 2 fan dengan tebal masing-masing 25mm. Di bagian depan kemasan, corsair mengklaim mampu menghasilkan airflow yang besar dengan suara yang rendah. 


Paket penjualan Corsair AF120 Dual pack ini berisi 2 fan berukuran 120mm. Mounting screws sebanyak 8 buah untuk tiap-tiap kipas. Serta selembar kertas garansi. Paket penjualan ini tergolong kurang lengkap. 3-pin yang menjadi konektor utama, tidak dibarengi dengan 4-pin konektor ataupun 4-pin untuk koneksi ke power supply. Kabel dari fan ini cukup panjang. Cukup untuk bisa disembunyikan di ruang manajemen kabel.

First Impression


Instalasi fan ini tidak terlalu rumit. Untuk exhaust di bagian belakang casing pemasangan sangat mudah. seperti fan-fan umum yang lain. Untuk pemasangan di side-panel tidak terlalu rumit sebab kabel bawaan dari fan ini cukup panjang.
Dari segi tampilan, LED biru dengan corak yang seperti itu cocok di Rig TekhnoTips. Dengan moherboard dari asus yang berwarna biru dan memory dengan LED biru juga, tampilan semakin seragam.
Beralih ke performa dari fan ini sendiri. Benchmark yang dilakukan kali ini sederhana mengingat hanya first impression. TekhnoTips memakai thundermaster untuk memonitor suhu VGA. Sebelum fan terpasang, suhu menunjukkan 37 derajat celcius pada kondisi idle. Dengan fan yang TekhnoTips gunakan sebagai side intake dan rear exhaust, suhu dapat mencapai 34 derajat celcius. Segi kebisingan, fan ini seperti yang corsair klaim. Low-Noise.

Kesimpulan

Pros
+ Performa maksimal untuk sebuah fan dengan 1500 RPM
Cons
- Kurangnya konektor-konektor lain sehingga hanya bisa menggunakan 3-pin.

Sedang mencari fan yang tenang, dengan performa maksimal, dan harga relatif murah? Corsair af120 quiet edition jawabannya.

0 komentar:

Posting Komentar