Jumat, 18 Maret 2016

Kartu Grafis AMD Pro Duo - Kartu Grafis Untuk VR Tercepat Saat Ini

Menjamurnya teknologi virtual reality membuat perang kartu grafis dimulai. AMD minggu ini mengumumkan kartu grafis dual-GPU berpendingin cair yang dinamakan Radeon Pro Duo yang diklaim sebagai kartu grafis terkuat untuk VR saat ini.
Virtual Reality
Radeon Pro Duo sebenarnya adalah gabungan dari dua R9 Fury X. Pada awal rilisnya harga yang dipatok untuk kartu grafis ini adalah 1500 dollar amerika. Jauh lebih murah ketimbang dual-GPU dari NVIDIA Geforce Titan Z.
Spesifikasi dari kartu grafis ini belum tersedia hingga AMD mengumumkannya secara resmi, namun dari bocoran yang diketahui kartu grafis ini akan menampung 120mm radiator dan butuh tiga kali 8-pin power untuk dapat berjalan normal. Berapa banyak daya yang dibutuhkan? Ini menjadi pertanyaan serius sebab satu Fury X membutuhkan 275 watt. Namun AMD punya teknologi PowerTune yang bisa mengubah clock sesuai listrik yang diberikan.
3 x 8-pin power connector Pro Duo
Satu hal tentang fury X adalah sistem liquid-coolingnya yang menggunakan radiator. Telah menjadi berita umum bahwa salah satu manufaktur pendingin untuk fury X, Cooler Master, digugat oleh Asetek. Untuk kali ini diharapkan agar AMD menghindari hal yang sama.
Cooling Design AMD Radeon Pro Duo
Apa bukti dari kalimat "Kartu grafis tercepat di dunia"? Ini yang diberikan oleh AMD untuk mengklaim hal itu. Benchmark yang dilakukan menggunakan Intel Core i7-5690X dengan 16GB RAM dan Windows 10. Pada benchmarknya, Pro Duo ditandingkan melawan GTX Titan Z dan Radeon 295 X2. 
Pro Duo rencananya akan dirilis antara April dan Mei tahun ini. Namun ada halangan dari kubu hijau ketika NVIDIA akan merilis arsitektur Pascal terbarunya juga di awal April. Kalau ini benar terjadi, Maka akan ada perang di segmen virtual reality antara kubu merah dan kubu hijau.
Rig dengan menggunakan AMD Radeon Pro Duo

0 komentar:

Posting Komentar