Kamis, 10 Maret 2016

5 Tips memilih CPU




Mendengar kata CPU yang terlintas di benak kaum awam adalah sebuah casing dengan hardware-hardware yang bekerja di dalamnya. Itu salah. CPU adalah chip kecil yang tertanam di motherboard yang berfungsi sebagai komponen utama dalam proses matematika komputer.
Central processing unit atau CPU pasti lekat dengan 2 brand yang sangat terkemuka di dunia hardware saat ini. AMD dan Intel. Lalu apakah memilih CPU itu berdasarkan brand semata? Apakah anda suka Intel? Dengan jajaran prosesor I3, I5, I7 dan lainnya? Ataukah AMD dengan multicore prosesor FX nya? Tidak sesimpel itu dalam memilih prosesor yang pas buat anda. Tidak hanya berdasarkan brand. Pembeli yang baik akan mempetimbangkan aspek performa, fitur, dan kualitas CPU itu. Berbicara tentang kualitas, baik AMD ataupun Intel, kedua perusahaan tersebut mengembangkan prosesor berkualitas tinggi. Lalu apa yang harus dijadikan pertimbangan?

1. Socket Motherboard Cocok Dengan CPU

Socket AMD AM3+
Kalau anda sedang akan merakit PC baru ataupun mengupgrade prosesor, satu hal yang paling penting adalah prosesor tersebut dapat berjalan dengan benar. Salah satu syarat agar CPU berjalan dengan benar adalah menggunakan socket yang tepat. Pada gambar di atas adalah socket AM3+ dari AMD yang berarti hanya bisa dipasang oleh CPU AMD dengan socket AM3+ pula. Begitu juga dengan CPU intel.

2. Pilih prosesor terbaik di range budget anda

Sesuaikan dengan budget adalah yang terpenting dalam memilih CPU. Budget pasti sesuai dengan kebutuhan anda. Kebutuhan setiap orang ketika akan atau mengupgrade PC pasti berbeda-beda. Beberapa untuk gaming, beberapa sebagai workstation, dan yang paling berat adalah video rendering. Budget untuk membuat workstation dengan PC gaming biasa tentu berbeda, kebutuhan prosesor juga berbeda. Membeli prosesor yang overkill sehingga mengurangi budget untuk hardware yang lain tidak dianjurkan dan dapat mengakibatkan bottleneck.

3. Core bukan segalanya

Multi-Core atau inti prosesor menjamin bahwa suatu CPU akan dapat digunakan untuk multi-tasking lebih baik ketimbang menggunakan single core. Namun itu tidak menjamin sebuah prosesor akan bekerja lebih cepat. Aspek seperti berapa GHz kecepatan prosesor, berapa banyak core, dan berapa banyak thread juga akan berpengaruh.

4. Konsumsi daya

Masalah listrik terkadang menjadi masalah runyam di negeri ini. Sebuah CPU dengan konsumsi daya yang tidak tepat dengan tujuan pemakaian anda, pasti akan membuat rugi. Selain menambah ongkos bayar tagihan listrik, CPU dengan konsumsi daya tinggi akan membuat suhu CPU itu sendiri meningkat. Akibatnya sistem pendinginan yang dibutuhkan juga harus baik. Sistem pendinginan yang baik biasanya membutuhkan fan yang lebih banyak. Fan yang lebih banyak juga akan menimbulkan suara bising dari komputer anda. 

5. Riset tentang performa CPU

CPU pertama dengan speed 5.0 GHz
Apakah hanya dengan mengandalkan speed anda akan mendapatkan performa maksimal dari sebuah prosesor? Tentu tidak. Ada banyak faktor lain dari kemampuan CPU yang tidak bisa ditentukan dengan hanya melihat spesifikasi. Contoh pada prosesor AMD FX yang mempunyai core banyak dengan speed yang garang, akan kalah dibanding prosesor I3 skylake dengan arsitektur terbaru ketika diuji kemampuan setiap corenya. Pembeli yang baik adalah pembeli yang mencari tahu tentang kualitas barang yang akan dibelinya. Saat ini banyak reviewer yang melakukan benchmark CPU yang bisa dijadikan referensi.

Jadi apakah anda fanboy Intel? Atau AMD? Mulailah dengan memahami kebutuhan anda. Membeli CPU bukan berdasarkan brand, tetapi harus mempertimbangkan performa, fitur, dan kualitas.

3 komentar:

  1. Lagi Butuh Uang ? ??
    Ingin mendapatkan Uang jajan lebih ?
    Dominopelangi.net SOLUSINYA
    Login dan Mainkan Game nya
    Tersedia 8 Game dalam 1 UserID
    Ayo Gabung bersama kami di DOMINOPELANGI (.)net
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Kami hadirkan permainan Terbaik dari DOMINO206 permainan
    dalam website
    Pusat Game Domino ONline Terpercaya Se-Asia
    Hanya cukup menggunakan 1ID saja anda sudah bisa menikmati 8 game Populer

    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    - Bandar 66

    Tunggu apa lagi silahkan Registrasi diri anda bersama kami.
    Dan nikmati kembali BONUS REFFERAL terbesar 15% untuk anda.
    Untuk lebih informasi lebih lanjut kalian bisa langsung berdikskusi
    langsung dengan CS handal.

    MInimal Deposit 20rb
    Minimal Witdraw 20rb

    BBM : 2BE3D683 / E3EE3B63
    WA : (+85587480626)
    LINE : DOMINO206
    IG : domino_206


    Link Alternatif
    WWW .DOMINOPELANGI. NET
    WWW .DOMINOPELANGI. COM
    WWW .PELANGIDOMINO. NET

    Bank Online 24 jam (kecuali gangguan)
    - BNI
    - BCA
    - BRI
    - MANDIRI
    - DANAMON

    Salam Kemenangan ^_^

    BalasHapus
  2. Min, saya mau buka usaha print dan cetak photo. Tolong dong rekomenin CPU atau komputer yang bagus buat saya hehe

    BalasHapus