Selasa, 22 Maret 2016

Bingung dengan konektor pada motherboard? Tidak akan lagi

Pernahkah anda memasang konektor dari hardware ke motherboard tetapi hardware tidak bekerja? Mungkin anda pernah mengalami hal ini. Konektor pada motherboard sangat banyak. Jenis dan kegunaannya pun berbeda satu dengan yang lain. Dampak terburuk dari salah pasang konektor motherboard ini sendiri adalah kerusakan yang akan dialami hardware tanpa berhati-hati. Bisa saja port SATA tertukar dengan USB 3.0. Atau yang lainnya. Lalu sebenarnya apa saja konektor pada motherboard?

1. Konektor 24-Pin

Konektor 24-pin biasanya terletak di tepi kanan motherboard. Untuk memasangnya cukup dengan memasukkan konektor dari power supply dengan port paling panjang sampai berbunyi klik.

2. Konektor EPS

Konektor EPS terkadang terdiri dari 4-pin. Kebanyakan power supply mendukung penggunaan konektor EPS 4-pin dengan membagi 8-pinnya menjadi dua. Terkadang konektor EPS juga terdiri dari 8-pin. Dibutuhkan kehati-hatian agar tidak menancapkan konektor PCI express ke dalam konektor EPS karena keduanya sama.

3. Konektor Fan

Konektor fan bisa digunakan untuk fan dengan 3-pin atau 4-pin. 3-pin hanya dapat berjalan dengan pengatur kecepatan fan analog. Sementara 4-pin dapat berubah kecepatannya menggunakan PMW speed control yang lebih baik ketimbang speed control analog.

4. Power, reset, hard drive LED dan power LED

Konektor ini yang paling kompleks di antara konektor yang lain. Untuk dapat mengerti sebaiknya baca manual dari motherboard secara teliti. Kontektor LED biasanya menggunakan petunjuk positif dan negatif, sementara power dan reset, tidak diharuskan untuk memasang positif dan negatif.

5. USB 2.0 Header

Beberapa motherboard mempunyai konektor usb 2.0 yang diwarnai berbeda. Biasanya ini digunakan untuk usb dengan daya lebih tinggi untuk kepentingan charging.

6. USB 3.0

Cukup mudah mengenali konektor usb 3.0 karena kode warna sudah diberikan di motherboard. Pada beberapa kasus, panel depan casing support usb 3.0 tetapi tidak pada header di motherboard. Cara mengatasinya adalah menggunakan adapter usb 3.0 ke usb 2.0 meskipun nantinya kecepatan usb 3.0 akan menurun.

7. Konektor audio panel depan

Biasanya terletak di bawah kiri dari motherboard. Konektor ini berguna untuk menghubungkan audio dari komputer. Biasanya berupa port speaker atau mic.

Itulah tadi beberapa konektor yang harus dipasangkan ke power supply. Pemasangan konektor menjadi sangat penting ketika membangun sebuah PC. Salah penempatan, bisa menjadikan resikonya besar.

5 komentar:

  1. bro saya punya front usb 3 bawaan dari case (spt digambar usb 3 yg atas, tapi motherboard saya ga ada soket usb 3 nya (spt digambar usb 3 yg bawah), gimana ya solusinya. adalah converternya

    BalasHapus
  2. Gan mau nanya , semisal mau masang usb 2.0 di chasing, kita harus beli komponen apa untuk terkoneksi ke mobo ke cahsing pc ?

    BalasHapus
  3. ini saya kenapa gk ada colokan usb30 di motherboard saya ya? terus dicolok kemana

    BalasHapus